Rabu, 03 Oktober 2012

Lg tv and Lcd



Perangkat    : LG TV
Model           : 29UF3RL
Masalah       : Mati total, tidak ada power dan B+ short
Penyebab     : capasitor collector horizontal  error
Perbaikan     : ganti capasitor

Perangkat    : LG TV
Model           : FLATRON 21FB7CG
Masalah       : transistor sering  short/mati
Penyebab     : nilai R berubah
Perbaikan     : ganti R 815:91K dan R 816:91K

Perangkat    : TV LG
Model           : FLATRON
Masalah       : lampu indicator stanby berkedip2
Penyebab     : ada  c elco kering/bocor di bagian regulator
Perbaikan     : ganti dengan yang baru

Perangkat    : TV LG
Model           : LG 20A92
Masalah       : raster dilayar tidak muncul, tr horz panas sekali bias juga jebol.
Penyebab     : Flayback short
Perbaikan     : ganti playback  154-177B

Perangkat    : TV LG
Model           : RD-21FB70V
Masalah       : mati standby
Penyebab     : jalur SCL D23 {IN4148} short
Perbaikan     : ganti diode dengan yang baru

Perangkat    : TV LG
Model           :  PEARL BLACK 29FU3RL
Masalah       :  ada garis hitam vertical di tegah layar
Penyebab     : C elco error
Perbaikan     : ganti C415 :1000uf/35v dengan yang baik

Perangkat    : TV LG
Model           : TURBA CHAMP RF-21CA21E
Masalah       : lma muncul gambar,layarhitam bila heter  di+ blanking,hidup tapi  gbr kedip
Penyebab     : rangkain vertikalnya rusak
Perbaikan     : ganti C304:1000uf/35v dengan yang baru

Perangkat    :  TV LG
Model           : 21FB7RG
Masalah       : Layar gelap suara normal
Penyebab     : Short pin layar G2 dan G1 (tapi cek dulu mesinnya ya)
Perbaikan     :

Perangkat    :  TV LG
Model           : 21 CA 8 RG
Masalah       : Kadang2 standby                                                                         
Penyebab     :  Ic str wg 754lemah
Perbaikan     : Ganti IC STRnya dengan yang baik

Perangkat    : TV LG
Model           : 29 SLIM
Masalah       : Tr horizontal sering mati
Penyebab     :  C 2kv sudah tidak normal
Perbaikan     : Ganti C dengan yang baru

Perangkat    : TV LG
Model           : FLATRON
Masalah       : Stanby tida bisa nyala
Penyebab     : IC KIA 78R05 ( kaki 4)  teg 9v nya mati
Perbaikan     : Ganti dengan yang baru atau bikin sendiri dari 7805 dan 7809

Perangkat    : TV LG
Model           : FLATRON
Masalah       : Suara Audio pada awalnya normal setelah agak lama gemuruh
Penyebab     : IC LVnya sudah error
Perbaikan     : Ganti IC LV 1116N dengan yang baru

Perangkat    : TV LG
Model           : 21FRUL
Masalah       : Gambar seperti bantal / pillow
Penyebab     : R 220Kohm terbakar dan Ic TDA 8145
Perbaikan     : Ganti dengan yang baru

Perangkat    : TV LG
Model           : RF 21 CA21IE
Masalah       : gambar normal tapi ada garis hitam di tengah layar ( pake IC TDA12011PQ/N1F00 dan vertical Stv 9326)
Penyebab     : Elco C 415 : 1000uf / 35v Rusak  ( untuk Ic Vertikal)
Perbaikan     : ganti Elco dengan yang baru

Perangkat    : TV LG
Model           : 21 FB 70V
Masalah       : Proteck Blank
Penyebab     : R 1 ohm  jalur 10uf/250v putus,tapi cek dulu teg 180v nya
Perbaikan     : Ganti dengan yang baru R nya

Perangkat    : TV LG
Model           : Pearl Black 21FUIRL
Masalah       : Standby menggunakan STR S6754
Penyebab     : Dioda rusak
Perbaikan     : Ganti Dioda optocopler dengan yang baru

Perangkat    : TV LG
Model           : 21”
Masalah       : Standby semua tombol tidak berfungsi
Penyebab     : Ic memory rusak
Perbaikan     : Ganti Ic dengan yang baru.

Perangkat    : TV LG
Model           : CA20D52V
Masalah       : R 424 terbakar 10k
Penyebab     : FBT 154-177B Short
Perbaikan     : Ganti FBT dengan yang baru.

Perangkat    : TV LG
Model           : 21 Flat
Masalah       : Tr horizontal short
Penyebab     : Capasitor 471pf  dari collector horz ke grn short :1K5V
Perbaikan     : ganti dengan yang baru

Perangkat    : TV LG
Model           :Ultra Slim      
Masalah       : Tr horizontal jebol terus
Penyebab     : C 414 183j sudah tidak normal
Perbaikan     : Ganti dengan yang baru

Perangkat    : TV LG
Model           : Super slim
Masalah       : Suara kadang hilang kadang besar sendiri
Penyebab     : IC Lv1116N tidak normal
Perbaikan     : Ganti dengan yang baru

Perangkat    : TV LG
Model           : Super Slim 21FL1RD
Masalah       : mati total
Penyebab     : dengan gejala, hor c 6092 dan fet ic K2961 jebol
Perbaikan     : Ganti dengan yang baru

Perangkat    : TV LG
Model           : super slim
Masalah       : Tr horizontal panas
Penyebab     : tr gentian kurang bagus
Perbaikan     : coba ganti tr hor denga BU508A

Perangkat    : TV LG
Model           : Ultra slim14FU7AB
Masalah       : Tv Standby di on pake remote tidak ada reaksi.
Penyebab     : kristal program X502=32.768
Perbaikan     : Solder ulang kristalnya programnya.

Perangkat    : TV LG
Model           : Super slim 29”
Masalah       : Warna background berubah2
Penyebab     : IC RGB sudah tidak normal
Perbaikan     : Ganti IC RGB ic TDA6107

Perangkat    : TV LG
Model           : Ultra slim
Masalah       : Mati stand by
Penyebab     : KIA78R09PI mati
Perbaikan     : ganti dengan yang baru

Perangkat    : TV LG
Model           : 21FB3RB
Masalah       : standby.
Penyebab     : gagal start loading data eeprom diakibatkan data pada IC02 24C04 korup
Perbaikan     : ganti/flash IC02 24C04 dengan data/ic yang sudah terisi

Perangkat    : TV LG
Model           : Ultra Slim 21FU2RD
Masalah       : mati, transistor horizontal short apabila diganti short lagi
Penyebab     : Capasitor C414 153/2KV berubah nilainya
Perbaikan     : ganti Capasitor C414 153/2KV dan Q402 2SC6090 dengan yang baru

Perangkat    : TV LG
Model           : CD-14D52
Masalah       : warna gambar tidak normal, kemerah merahan
Penyebab     : solderan di RGB banyak yang kendor atau retak
Perbaikan     : setelah RGB di solder ulang semuanya,,, warna kembali normal lagi

Perangkat    : TV LG
Model           : ultra slim
Masalah       : raester horizontal melengkung
Penyebab     : capasitor short
Perbaikan     : menambahkan satu capasitor milar di titik colector C414=.01=10n 2kv dengan 103 2kv,dan ganti juga diode RU 4A dengan yang baru sedangkan TR.Horizontal nya ganti dengan D.1554

Perangkat    : TV LG
Model           : 21fu3rl
Masalah       : mati total
Penyebab     : saklar s801 tidak berfungsi lagi
Perbaikan     : switch on-off jenis lain, sedikit memodifikasi

Perangkat    : TV LG
Model           : 21FU3RL
Masalah       : mati total,tr horizontal(C6090)sering putus
Penyebab     : putus ic pawer suply(W6554A)dan kapasitor keramik pecah(183J2000v)
Perbaikan     : ganti ic pawer suply,tr horizontal dan kapasitor keramik dengan yg baru, ukuran 15n2000v juga bisa

Perangkat    : TV LG
Model           : Pearl black 21FU1RL
Masalah       : Tv hidup tp layar blanking biru polos disertai garis2
Penyebab     : Setelah ditelusuri ternyata teg RGB dari chroma LV 76213 short
Perbaikan     :ganti dengan yang baik

Perangkat    : TV LG
Model           : LG untukjenis flat
Masalah       : gambar terkadang keluar kadang tidak
Penyebab     : tuner dengan jenis pll rusak
Perbaikan     : ganti tuner dengan catatan sebelum mengganti tuner langkah kita cek dulu teg agcnya,vccnya kalau normal langsung ganti tuner pasti beres

Perangkat    : TV LG
Model           : 21 flat
Masalah       : gambar bagus suara kadang-kadang hilang kadang-kadang besar
Penyebab     : penyebabnya ic lv 6111 n
Perbaikan     : ganti ic lv 6111 n kalau masih belum, masuk kemode servicemenu pada bagian audio diset keposisi mono atau stereo sampai suara muncul

Perangkat    : TV LG
Model           : Turbo swing
Masalah       : led berkedip redup
Penyebab     : capasitor dibagian horizontal short menyebabkan transistornya panas dan ahirnya rusak
Perbaikan     : ganti capasitor dan tr horizontal

Perangkat    : TV LG
Model           : 21FX4AG-TH
Masalah       : tdk ada gambar/pictur tapi suara normal
Penyebab     : tegangan G2 short atau 0V
Perbaikan     : tahan ujung obeng di dekat pin G2 CRT sekitar 05cm jaraknya Dimana obeng terhubung dengan ground CRT kemudian nyalakan tv sebentar status soket CRT terlepas dari CRT kemudian pasang kembali soket CRT

Perangkat    : TV LG
Model           : plasma
Masalah       : gambar melipat ketengah
Penyebab     : karena dropnya tegangan pada autput tegangan pada ic vertikal yang di sebabkan dioda shot atau resistor mayi maksimal tegangan harus 26v kalau kurang dari 26v maka gambar akan melipat
Perbaikan     : ganti dioda yang berhubungan dengan input ic vertikal dan cek juga resistornya, bisa juga karena fbt shot

Perangkat    : TV LG
Model           : Chassis MC-059D
Masalah       : Suara bagus, gambar redup/gelap
Penyebab     : Dioda D902 di PCB CRT pecah
Perbaikan     : dicari data skema nya dan D902 adalah 1N4148

Perangkat    : TV LG
Model           : Flat Slim
Masalah       : Mati total dg ada bunyi derit
Penyebab     : Block Hor output Short
Perbaikan     : Periksa tr horisontal C6090, ganti baru klo tr hor itu short..dan bila stlh dipasang yg baru tr hor shrt lagi, periksa capacitor wide yg mengeblok colector tr hor dg ground/emitor,biasanya nilai cap sdh turun dari yg tertera di body cap itu.

Perangkat    : TV LG
Model           : Ultra slim 14 FU7AB
Masalah       : ketika pertama kali dinyalakan, lampu led merah menyala sebentar kemudian mati
Penyebab     : optocoupler TLP 817 soak
Perbaikan     : ganti optocoupler,ic vertikal,dioda zener,ic program, Tv ini ketika pertama kali dinyalakan, lampu led merah menyala sebentar kemudian mati, cek teg B+ 115V keluar sebentar kmd drop, ditemukan optocoupler TLP 817 soak, setelah diganti, led power nyala no

Perangkat    : MONITOR LG
Model           : LG505
Masalah       : Lampu Standby Nyala tapi monitor tidak nyala
Penyebab     : tegangan dari 115v flyback tidak ada
Perbaikan     : Ganti Flyback

Perangkat    : TV LG
Model           : soundmax
Masalah       : protec,gak mau start,B+ drop dan 24v naik
Penyebab     : flyback rusak
Perbaikan     : ganti flyback 6174Z-8005C

Perangkat    : TV LG
Model           : 21FC1CG
Masalah       : Gambar mengecil berbentuk kotak di tengah layar
Penyebab     : Defleksi/yoke ada yang putus di bagian vertical
Perbaikan     : Bongkar Yoke bagian vertikal dan cari kawat email yang putus lalu sambung lagi

Perangkat    : TV LG
Model           : MC994A
Masalah       : setelah 2 menit tv standby
Penyebab     : solderan retak pd bagian power suply
Perbaikan     : solder ulang bag power suply

Perangkat    : TV LG
Model           : CA 51 T 80
Masalah       : gambar garis horisontal
Penyebab     : IC vertikal TDA 8351
Perbaikan     : ganti IC vertikal TDA 8351

Perangkat    : TV LG
Model           : Flatron
Masalah       : Gambar Normal setelah agaklama dinyalakan timbul Suara Gemeretak dan terkadang suara hilang dan timbul tenggelam
Penyebab     : IC Volume/tone control LV 1116 mengalami gangguan internal
Perbaikan     : ganti ic LV1116

Perangkat    : TV LG
Model           : LG RD-21FB70V
Masalah       : Mati StandbY
Penyebab     : D23 short
Perbaikan     : D23 ganti dengan IN4148

Perangkat    : TV LG
Model           : Monitor LG505
Masalah       : Lampu Standby Nyala tapi monitor tidak nyala
Penyebab     : tegangan dari 115v flyback tidak ada
Perbaikan     :ganti fbt

Perangkat    : TV LG
Model           : 21FB7CG
Masalah       : tv tidak bisa hidup lama
Penyebab     : tegangan untuk B+ Fly back naik, melebihi 110 Volt
Perbaikan     : resistor yang berhubungan dengan optocoupler berubah nilai yaitu R815 dgn nilai 91 Kohm jadi lebih besar, jadi mempengaruhi kerja optocoupler, ganti sesuai stantdar

Perangkat    : TV LG
Model           : Flat 21''
Masalah       : Stanby
Penyebab     : Tr Hout mati
Perbaikan     : C1200v dekat tr Hout diganti

Perangkat    : TV LG
Model           : black pearl
Masalah       : gambar melebar ke samping
Penyebab     : vertical kerjanya tdk lancar
Perbaikan     :ganti ic vertical

Perangkat    : TV LG
Model           : soundmax
Masalah       : protec,gak mau start,B+ drop dan 24v naik
Penyebab     : flyback rusak
Perbaikan     : ganti flyback 6174Z-8005C

Perangkat    : TV LG
Model           : 21FC1CG
Masalah       : Gambar mengecil berbentuk kotak di tengah layar
Penyebab     : Defleksi/yoke ada yang putus di bagian vertical
Perbaikan     : Bongkar Yoke bagian vertikal dan cari kawat email yang putus lalu sambung lagi

Perangkat    : TV LG
Model           : MC994A
Masalah       : setelah 2 menit tv standby
Penyebab     : solderan retak pd bagian power suply
Perbaikan     : solder ulang bag power suply

Perangkat    : TV LG
Model           : CA 51 T 80
Masalah       : gambar garis horisontal
Penyebab     : IC vertikal TDA 8351
Perbaikan     : ganti IC vertikal TDA 8351

Perangkat    : TV LG
Model           : Flatron
Masalah       : Gambar Normal setelah agaklama dinyalakan timbul Suara Gemeretak dan terkadang suara hilang dan timbul tenggelam
Penyebab     : IC Volume/tone control LV 1116 mengalami gangguan internal
Perbaikan     : ganti ic LV1116

24 komentar:

  1. saya mau tanyakan gan apa penyebab mati nyala nya TV LCD saya. 32inc. tiba2 mati dan nyala kemudian, mati nyala, mati nyala.
    tolong Info nya Gan...?
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal tesebut bisa diakibatkan beberapa hal 1.rusaknya filter tegangan hinga berakibat sulit hidupnya lcd/hidup terus matinya lcd,biasanya kerusakan berada di rangkaian power suplynya..coba cek elco yang ada di sekitar power suply biasanya ditandakan dengan bergelembung nya elco,2.power inverer kurang baik...coba cek power inverternya 3.mpg boardnya bermasalah...coba bersihkan dengan tener lalu redhot ulang.thanks

      Hapus
    2. tingkyu gan...
      Semoga ilmu kita semua bermanfaat untuk semua org.

      Hapus
  2. gan mau nanya saya punya tv samsung plasma 50" tiba2 keluar garis hitam dari bawah keatas pas di tengah2 tv padahal belum setahun... itu knp yah gan ??? gambar sebelah kanan dan kiri jg msh bagus... tp akibat garis hitam itu terbelah jadi 2 mohon infonya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek jalur input videonya (bersihkan soket2nya)

      Hapus
  3. Pak, punten ikut nimbrung..
    Tv LG SLIM, rusak pd vertikal ganti STV9326, normal, pd layar bgian atas ada garis2, lyr atas kurang full, kmudian beberapa menit lngsung jebol kluar asep dr Ic vertikalnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah mengalami demikian coba cek youkenya...atau input tegangannya terlalu tinggi...

      Hapus
  4. Mas saya punya tv lcd 24" polytron mati suara tetap ada .tolong apa nya yang rusak terima kasih

    BalasHapus
  5. Pak Punten, ikut nimrung,
    Monitor TOSHIBA 29"Flat, TR HOR C5143Original TOSHIBA Hrg82rb jebol terus,selama 2hari, coba ganti dgn BU2525 mampu menyala hanya 15menit,pd titik Colektor ada C yg dipasang pararel 2,2nF+6,8nF+4,7nf(smua 2KV)yg kemudian bias ke Ground, sudah diukur dengan C meter, al hasil ukuran sesuai dgn angka yg ada diBody Capasitor,
    B+ 110Vdc. DeflektioYoke sudah di Buka tdk ada yg Hangus,
    Sudah Coba Test FlayBack diToko, FBT nyemprot Bagus,
    kira2 apanya lg ya kang?
    mohon Bantuannya kang
    trima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  6. mas, ikut nimbrung minta solusi.
    saya punya tv lg flat type 21fu3rl-t3 gambarnya melebar seiring terang redupnya gambar (kaya ngezoom). kalau gambarnya cerah dia membesar, kalau standar kecil. Saya cek komponennya tidak ada yang kebakar atau nggelembung. minta pencerahannya.
    makasih

    BalasHapus
  7. Mas mau nanya nih.....sy punya LCD Monitor LG L1742S mati total.....lcd dan dan indikator tidak ada yg nyala.....sudah saya koneksikan ke listrik tapi ngga ada respon sm skali.....kira2 bagian apa dan komponen apa yg perlu di cek......???

    BalasHapus
  8. mas klo tv lg 29FU3RL problemnya garis horizontal tapi tak full kiri kanan saya sudah ganti ic vertikal,elco2 vertikal, ic ew juga fr403 B+ 14v dari tfb,menurut yg saya pernah baca katanya cuma ganti ic vertikal&fr403 tv sudah normal kembali tapi semua langkah saya sudah lakukan tapi belum berhasil raster tetap garis horizontal yg tak full kiri kanan terukur B+ cuma 110v kira2 apanya lagi yg perlu di benahi?? makasih

    BalasHapus
  9. Mas bro N' pak brooo .. minta tolong ni aku sudah habis pikir jg hbis modal ni ... ada pasen LG 21FU3RL stndby,di start cuma lampu stendby nya meredup sbentar,2dtk lalu terang lagi .. ..smw yg berhubungan dengan Horz udah d babat.. tegangan normal smw..kesalahannya di mana ya mz broo..??? thanx sbelumnya..

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. mas klo lg21FB7CG vertikal tak full bagian atasnya saya sudah ganti elco area vertikal tapi tak ada perubahan dan tampilan menu sedikit melengkung kira2 apanya yg masalah lagi mohon pencerahannya makasih

    BalasHapus
  12. mas bro tv LG 29 inci model 29FU3RL hanya lampu stabdby nya yang nyala ...kira2 apa nya yang harus diganti ..maaf teknisi pemula bos..TERIMA KASIH

    BalasHapus
  13. tv LCD LG layar nyala sesaat terus gelap,saya sudah bongkar dan cek inverter,lampu pun dah cek...saya kira inverternya kotor aya bersihin dengan tiner dan solder ulang,saya coba nyalain biar layar nyala terus saya kirain dah kelar tetapi hanya berapa hari kambuh lagi...tolong solusihnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pernah saya alami yaitu ic videonya yg bermasalah. ada beberapa cara untuk solusinya yg bisa di coba 1.solder hot air plus sonka..ic video di healter terus di bersihkan. cara kedua agak nora tapi lumatan ampuh :memasang kipas pc di belakang pcb ic 3. ganti ic video kalo ada. 4.pasti boardnya untuk solusinya.

      Hapus
  14. Permisi...Numpang nanya setelah ganti stv 9326 gambar udah normal tp kenapa kok hidup-mati-hidup-mati sendiri,kira kira di bagian mana yang bermasalah. Para master teknisi mhon pencerahan dan solusinya. Terima kasih....

    BalasHapus
  15. Numpang tanya tv 29fu3rl kerusan garis horizontal terus normal tapi gambar melebar apanya yg rusak mas

    BalasHapus
  16. gan,kl tv lg lcd monitor redup sebelah yg sebelah lg biasa alias normal,hrs ganti apanya gsn

    BalasHapus
  17. mau nanya gan apakah capasitor damper bisa diganti degan nilai yg sedikit besar? tv saya lg flatron 29 inchi nilai capasitornya 20nf 2000volt trus bisa ngga saya ganti dgn 22nf 2000volt ?mohon infonya

    BalasHapus
  18. Permios gan, mau tanya, tv saya LG ultra slim 14FU7AB tapi gambarnya hitam putih? Kira" apanya rusak ya gan? Mohon pencerahan, thanks before.

    BalasHapus
  19. Saya punya tv lg.21fl1rg..reg.9v.normal..tr horz.baik.ic vertikal baik.bila di hidupkan.protek....dan berapa nilai c....414.mohon info. tks

    BalasHapus